Peneliti Berhasil Ciptakan Robot Kecoak


Liputan6.com, Jakarta - Teknologi yang terus dikembangkan menghasilkan berbagai macam perangkat canggih yang muncul ke tengah publik. Tapi bagaimana jika perangkat hasil inovasi teknologi yang lahir menyerupai makhluk menjijikkan seperti kecoak?

Sebuah pengembangan menghasilkan sebuah robot unik berukuran kecil seukuran mainan anak. Bentuk kecoak dipilih tim pengembang robot yang berasal dari Texas University sebagai produk yang dibuatnya.

Pemilihan bentuk kecoak tentunya bukan tanpa alasan. Pembuatnya mengklaim bentuk serangga cukup unik bila dijadikan wujud robot karena mereka akan memiliki kemampuan menelusup ke tempat-tempat kecil yang ada di sekitar kita.

"Serangga dapat melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan robot biasa. Mereka bisa masuk ke tempat kecil, merasakan lingkungan dan ketika ada pemangsa mereka bisa menghindar dengan cepat," ungkap Hong Liang, Kepala Penelitian tim robot kecoak Texas University.

Hong Liang sendiri mengaku cukup jijik ketika pertama kali melihat kecoak namun kemudian memilih untuk belajar mencintainya. Ia pun menyimpan beberapa serangga di kantor sebagai peliharaannya.

"Ketika pertama kali melihatnya, bulu kuduk saya berdiri. Tapi saya kemudian menyimpan beberapa di kantor sebagai hewan peliharaan untuk sementara waktu, mereka benar-benar makhluk yang indah," katanya seperti dilansir Guardian, Rabu (18/3/2015).

Robot buatan tim Texas University ini dapat dikontrol jarak jauh menggunakan remote dan berhasil meniru sekitar 70%  gerakan kecoak asli. Ukurannya yang kecil menyerupai mainan ini diklaim bisa dijadikan hadiah yang sangat menarik.

Apakah Anda tertarik mendapat bingkisan berupa robot kecoak?
sumber : http://tekno.liputan6.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar