Notepad dan Notepad++

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan disistem operasi WindowsNotepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.
Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani olehSourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaanSourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool .
Berikut adalah  Fungsi Notepad :
1.      Notepad sebagai digital diary – anda dapat menggunakan notepad diary digital dan secara otomatis memasukkan tanggal dan informasi waktu untuk setiap baris yang anda ketik di notepad. Sebagai contoh buka file notepad baru ketik .LOG dibagian atas
Kemudian ketikkan beberapa baris seperti contoh diatas dan simpan. Buka file tersebut dan akan melihat tanggal dan waktu di setiap baris teks notepad. Atau anda dapat menambahkan waktu secara manual dengan menekan tombol F5. maka hasilnya secara otomatis akan menambah waktu dengan sendirinya
2.      Notepad sebagai HTML Stripper – idealnya teks pada halaman sebuah web yang diformat khusus untuk jenis font, warna, ukuran, elemen desain dan gambar. Dengan notepad anda dapat menggunakan untuk mengedit komponen teks nya saja. anda tinggal mengcopy dari kode HTML yang ada di halaman web dan anda paste di notepad yang kemudian dapat anda simpan untuk digunakan lagi di lain waktu.
3.      Notepad sebagai pembuat script baik maupun script jahat – seperti yang sudah dibahas di atas? bahwa Notepad merupakan editor teks yang sederhana yang dapat digunakan untuk membuat script yang kompleks. anda dapat membuat script yang jahat seperti script memformat harddisk maupun script untuk menshutdown , m,embuat virus , dan masih banyak lagi
4.      Notepad sebagai Jalan Pintas Windows Explorer – Terkadang ada beberapa file yang tidak dapat dihapus. anda dapat mencoba menggunakan notepad sebagai jalan pintas pengganti windows explorer untuk menghapus file tersebut. anda bisa mencobaFile > Open > pada type file pilih All. anda tinggal mencari file yang ingin dihapus.
5.      .Bisa digunakan membuat (mengedit) file  ber extension  bat (atau extension cmd untuk windows 2000 keatas ),bat atau cmd adalah aplikasi under dos yang bisa digunakan bermacam-macam fungsi tergantung command (perintah)  yang diketik dinotepad.Misalnya buat perintah shutdown.
6.      Membuat file ber extension inf, inf adalah  file yang digunakan untuk install driver hardware ,yang sekarang menjadi multifungsi,bisa jadi virus atau anti virus tergantung isinya.Misalnya: autorun.inf , yang sebenarnya dulu digunakan untuk cd, bila dimasukkan ke komputer akan langsung menjalankan aplikasi tertentu.Tapi sekarang digunakan untuk menjalankan virus di flash disk (UFD).
7.      Membuat (mengedit)  file ber extension reg ,reg adalah  file yang digunakan untuk memasukkan settingan Windows melalui registry windows(regedit.exe).
8.      Membuat (mengedit)  file ber extension reg ,reg adalah  file yang digunakan untuk memasukkan settingan Windows melalui registry windows(regedit.exe).
Notepad :
Salah satu fitur yang sangat kecil dan biasanya kita memanfaatkannya hanya untuk sekedar mencatat nomor HP, mengingat password, dan lain sebagainya. Namun sekarang keberadaannya sering disepelekan oeh orang awam, dan sebagian hanya mengingatnya sebagai aksesoris!
Pengguna umum banyak yang lebih menyukai wordpad karena adanya fitur formating. Di lain sisi, Notepad telah lama menjadi senjata ampuh bagi para programmerAplikasi yang sudah ter-intergrasi dengan windows sejak awal debutnya ini sering dipakai untuk mengedit source kode. Hal ini banyak utamanya dilakukan  oleh para programmer berbasis web.
Tetapi, Notepad Standar ini tidak di lengkapi fitur-fitur memadai untuk membantu coding sang programmer. Editor teks ini polos, tanpa fitur penduku apapun. Para programmer yang sering memanfaatkan Notepad untuk coding nampaknya perlu meng-upgrade ke Notepad++.
Notepad++ adalah aplikasi gratisan pengembangan dari Notepad. Aplikasi ini bisa di unduh dari http://notepad-plus-plus.org/download/. Saat artikel ini di tulis, Notepad++ masih dalam versi 5.9.6.2.. Aplikasi ini juga mendukung beberapa bahasa pemrograman berbasis Windows antara lain:
  • C
  • C++
  • Java
  • C#
  • XML
  • HTML
  • PHP
  • Javascript
  • RC File
  • Makefile
  • nfo
  • doxygen
  • file ini
  • batch
  • ASP
  • VB/VBS
  • SQL
  • Objective-C
  • CSS
  • Pascal
  • Perl
  • Python
  • Lua
  • Unix Shell Script
  • Fortran
  • NSIS
  • dan Flash Action Script.

Notepad++ ini juga mempunyai fitur yang sangat memudahkan kita membedakan alur syntax yaitu fitur highlighting.  Fitur ini akan menandai sintaks dan variable yang di gunakan dalam source code. Lainnya, tersedianya fitur tab yang dapat membantu anda mengelola beberapa kode dalam waktu yang bersamaan. Juga ada fitur penomoran baris turut membantu Anda dalam mencari kode yang error ketika di jalankan. Function List juga disediakan untuk mengelola fungsi-fungsi yang di kembangkan.

Notepad++ ini juga disertai fitur pencarian yang sangat mudah dan praktis. suatu kata kunci yang kita masukkan, maka Notepad++ bisa menandai semuanya dalam sorce kode. Serta, bisa merubah semuanya hanya dengan sekali perintah karena ada fitur “Replace All”. Nampaknya, Notepad standart kita memang harus di ganti dengan Notepad++.

 

10 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Notepad

notepadSemua pengguna Windows pasti tahu tentang Notepad.  Yaitu sebuah text editor simple yang sudah ada sejak Windows 1.0 di tahun 1985. Dimana fungsi Notepad dianggap masih sama saja dari dulu. Tetapi tahukah Anda bahwa ada fungsi -fungsi Notepad yang lebih produktif dan efektif? Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan dengan Notepad :
  1. Notepad sebagai digital diary – Anda dapat menggunakan notepad diary digital dan secara otomatis memasukkan tanggal dan informasi waktu untuk setiap baris yang Anda ketik di notepad. Sebagai contoh buka file notepad baru ketik .LOG dibagian atas
notepad11
Kemudian ketikkan beberapa baris seperti contoh diatas dan simpan. Buka file tersebut dan akan melihat tanggal dan waktu di setiap baris teks notepad. Atau Anda dapat menambahkan waktu secara manual dengan menekan tombol F5.
2. Notepad sebagai HTML Stripper – idealnya teks pada halaman sebuah web yang diformat khusus untuk jenis font, warna, ukuran, elemen desain dan gambar. Dengan notepad Anda dapat menggunakan untuk mengedit komponen teks nya saja. Anda tinggal mengcopy dari kode HTML dan Anda paste di notepad yang kemudian dapat Anda simpan untuk digunakan lagi di lain waktu.
3. Notepad sebagai penghemat biaya Mencetak – Anda dapat menyalin sebuah dokumen yang besar tetapi terdapat banyak sekali elemen-elemen gambar dimana yang Anda butuhkan hanya tulisan teks saja. Dimana Anda dapat mengirit dari segi tinta, kertas dan tentu saja uang Anda.
4. Notepad sebagai HTML Creator – Notepad dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah file / halaman website. Dengan mengetikkan perintah dasar HTML kemudian menyimpannya dengan ekstension .html Anda sudah mempunyai 1 file halaman website
notepad2
5. Notepad sebagai pembuat script baik maupun script jahat – Notepad merupakan editor teks yang sederhana yang dapat digunakan untuk membuat script yang kompleks. Anda dapat membuat script yang jahat seperti script memformat harddisk maupun script untuk menshutdown PC Anda.
6. Notepad sebagai Teks Replacer – Notepad dapat digunakan Anda untuk mengganti sebuah kata di dalam suatu tulisan. Misal Anda ingin mengganti kata ‘Microsoft’ engan kata ‘Yahoo’, Anda bisa mengcopy tulisan Anda di notepad kemudian untuk mengganti Anda tekan Ctrl + H
notepad3
7. Notepad sebagai Jalan Pintas Windows Explorer – Terkadang ada beberapa file yang tidak dapat dihapus. Anda dapat mencoba menggunakan notepad sebagai jalan pintas pengganti windows explorer untuk menghapus file tersebut. Anda bisa mencoba File > Open > pada type file pilih All. Anda tinggal mencari file yang ingin dihapus. Mungkin berhasil!
8. Notepad sebagai aplikasi yang terkadang lucu – Notepad juga satu aplikasi yang lucu karena kurang sempurna. Coba Anda buka file notepad kemudian ketikkan this app can break. Setelah Anda simpan silahkan buka file tersebut, ada sesuatu yang hilang bukan?
9. Notepad sebagai alat kreatif desainer – Notepad terkadang dapat digunakan untuk mendesain dengan berbasis teks. Silahkan Anda coba ketikkan Q33N, format dengan ukuran 72px, jenis font Wingdings.  Dan hasilnya….taraaaaaaa
notepad4
10. Notepad sebagai ? Jika Anda menemukan 1 lagi kegunaan Notepad yang tersembunyi mungkin Anda bisa berbagi disini untuk saudara-saudara kita yang lain…
Adapun Anda bisa menggunakan Notepad sebagai File System, berikut adalah contohnya :

Cara Menyembunyikan Folder Dengan Notepad

Kita akan membuat perintah agar windows menyembunyikan folder yg kita tuju dengan dilengkapi password ...
caranya
1. Buka Notepad (Start >> Run >> ketik "Notepad" >> OK)
2. Copas kode di Bawah...

@echo off
echo Ferry Kurniawan's Game
:CONFIRM
echo apakah anda yakin akan Memodifikasi folder GAME? (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto ferry
if %cho%==y goto ferry
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo jawaban tidak dikenali...
pause
goto CONFIRM
:ok
echo Masukan Password untuk menyembunyikan folder game...
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==password kamu goto Fail
echo Password kamu benar
goto top
:Fail
echo Password kamu salah...
echo coba lagi?... (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto ok
if %cho%==y goto ok
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
goto kaka
:kaka
echo jawaban tidak dikenali
pause
goto kiki
:kiki
echo coba lagi?... (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto ok
if %cho%==y goto ok
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
goto kaka
:top
attrib +s +h +r GAME
echo Folder Berhasil Disembunyikan...
pause
goto END
:aroy
echo Apakah anda Akan Menampilkan atau menyembunyikan Folder Game..? (S/M)
echo Menyembunyikan = S
echo Menampilkan    = M
set/p "cho=>"
if %cho%==S goto ok
if %cho%==s goto ok
if %cho%==m goto ko
if %cho%==M goto ko
echo Jawaban tidak dikenali...
Pause
goto aroy
:ko
echo Masukan Password untuk menampilkan folder game...
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==password kamu goto worng
echo Password kamu benar
goto pot
:worng
echo Password kamu salah...
echo coba lagi?... (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto ko
if %cho%==y goto ko
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
goto kuku
:kuku
echo jawaban tidak dikenali
pause
goto keke
:keke
echo coba lagi?... (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto ko
if %cho%==y goto ko
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
goto kuku
:pot
attrib -s -h -r GAME
echo Folder berhasil Di Tampilkan
pause
goto END

3. Ganti kata password kamu dengan passsword yg kamu mau ..contoh : bandung4321
4. Ganti kata GAME  dengan nama folder yg akan di sembunyikan...contoh : data (pastikan nama folder    tidak ada spasi)
5. Lalu Anda Save as data tersebut dengan Format (.bat)
    Contoh save as dengan nama "tes.bat" (simpan satu folder dengan Folder yg akan disembunyikan) 

Cara Membuat Program Sederhana Deangan Notepad

Apakah Bisa membuat program dengan Notepad bawaan windows..?
jawabanya tentu bisa...tapi sebenarnya bukan program (software)
kita hanya membuat perintah yg akan di jalankan Komputer....

Coba deh kita Buat perintah jail untuk teman kita..
ceritanya perintah untuk main Game Need For Speed Most Wanted
caranya :
1. Buka Notepad (Start >> Run >> ketik "Notepad" >> OK)
2. Copas kode di Bawah...

@ECHO off
echo Apakah anda yakin akan main NFSMW? (Ferry Kurniawan)
pause
:Confirm
msg * Apa kabar..?
msg * Nama saya Ferry Kurniawan
msg * Anda yakin ingin bermain game need for speed most wanted..?
msg * Memproses...
msg * Loading File...
msg * Opps..! terjadi kesalahan
msg * Fatal Error...
msg * Computer is broken...
msg * Failed to open Need for Speed Most Wanted
msg * you must try again..klik ok to try again..
msg * WARNING: Jika masih belum bisa juga..itu tandanya komputer anda harus di instal ulang
GOTO Confirm

3. Lalu Anda Save as data tersebut dengan Format (.bat)
    Contoh save as dengan nama "Need for speed.bat"
Sumber : http://aboutnotepad.blogspot.com/2013/04/notepad-dan-notepad.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar