Macam-macam Software Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata (Word Processing) mungkin yang sudah sangat familiar bagi pengguna komputer adalah Microsoft Office Word. Namun, tahukah kamu aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang apa-apa saja program pengolah kata itu:
1. Star Office Writer
Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word, namun ada perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstenisi *odt masih bisa dirubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Windows dan MC.Os (Apple).
Tampilan Star Office Writer
2. Open Office
Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur  bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat.
Tampilan Open Office Writer
3. Abi Word
Abi Word juga dikembangkan dengan lisensi GPL, sehingga software ini adalah software Open Source/freeware. Abi Word bisa di download langsung secara gratis di situs resmi http://www.abiword.com.
Tampilan Abi Word
4. KWord
KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS
Tampilan KWord
5. Atlantis Word Processor
AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document (*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Standart Text (*txt)
Tampilan Atlantis Word Processor
6. Word Star
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan  Wordstar  hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.
Tampilan Word Star
7. Word Perfect
Word Perfect merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada OS. Windows ).  WordPerfect memiliki kelebihan seperti kode streaming arsitektur,  Reveal Codes fitur, dan sangat user-friendly makro untuk bahasa scripting,. Program Word Perfect juga mampu membaca file dari Ms. Word
Tampilan Word Perfect
8. Chi Writer
Chi Writer adalah program pengolah kata yang cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit,bukan pada tampilan visual hasil.
[chiwriter.jpg]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar