Apa sih manfaat dari bermain game itu?

Beberapa fakta manfaat bermain game




 manfaat game

Siapa sih yang gak suka bermain game ?? biasanya sih banyak yang bilang game identik dengan sesuatu yang buruk. benarkah seperti itu? Coba baca artikel yang saya kutip dari detikdotcom ini.
Dr. Irzan Nurman yang mengatakan bahwa ngegame itu menyehatkan, bahkan tak jarang game dipakai untuk terapi pasien. Dalam sesi talk show, dr. Irzan Nurman mengatakan bahwa jika kita bermain game 5 kali seminggu,asalkan tidak berlebihan,maka aktivitas itu akan membuat kita lebih sehat.
"Bila kita terpatok pada statement'Game itu Negatif', maka kita tidak akan maju-maju," ujar Irzan. Dikatakan lebih lanjut oleh beliau bahwa sekolah-sekolah dasar di luar negeri sudah banyak yang memasukkan permainan dalam kurikulumnya karena memang game itu membawa banyak manfaat.
Berikut lebih lanjut beberapa manfaat ngegame yang disampaikan oleh dr Irzan Nurmana dalam acara Indonesia Bermain.

1. Empati

Game bisa mengembangkan empati pada diri seseorang karena saat ngegame ia biasanya involve dengan karakter-karakter yang ada dalam game tersebut.

2. Post-traumatic

Game bisa mengubah mood seseorang dan bisa membantu melupakan traumatik pada pasien meskipun hal ini tidak permanen. seperti kita sedang mendapat problem pasti badmood kan coba deh anda bermain game apa saja sesuai keinginan anda semoga jadi good mood lagi.

3. Cara belajar baru

Belajar tidak harus serius, dengan gamepun seseorang bisa mempelajari banyak hal. Ini pun didukung dengan banyaknya game yang melatih otak. sebaai contoh saya mulai memahami beberapa kata dari game yang berbahasa inggris  :D

4.Manajemen penglihatan

Gamer dilaporkan tidak akan mengalami masalah penglihatan meski ia doyan nge-game, justru manajemen penglihatan mereka lebih bagus.mungkin karena faktor kontrasi otot – ototmata kali ya ..dalam pernyataan ini sih saya masi kontoversial

5. Resep untuk nyeri

Game bisa membantu seseorang yang sedang menderita nyeri karena saat ngegame fokus seseorang teralihkan di permainan yang sedang ia lakukan. Pengalihan nyeri ini di namakanDistraksi

6. Berimajinasi lebih baik

Dikatakan oleh dr. Irzan, imajinasi seseorang akan lebih baik bila ia sering ngegame. saya sangat setuju dengan pernyataan dr.Irzan karena imajinasi kita lebih luas yang di sebabkan oleh game merupakan konsumsi otak kanan dan otak kanan tersebut merupakan pusat imajinasi kita.

7. Koordinasi tangan dan mata


Gamer memiliki koordinasi tangan dan mata yang lebih baik karena ia sudah terlatih saat melakukan permainan.
Sesi talk show yang diisi oleh dr. Irzan Nurman adalah salah satu rangkain dalam acara Indonesia Bermain yang digelar di Sabuga, Bandung.
Nah bagaimana pendapat anda tentang hal ini? apakah anda setujuh. kalau saya sendiri setujuh selama aktivitas ngegame tidak berlebihan dan tetap pandai mengatur waktu!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar